Minggu, 27 Januari 2013

Diet Sehat Ala Golongan Darah


Sekilas Tentang Golongan Darah
Golongan darah yang tertua dari keempat golongan darah adalah golongan O (old) sekitar 40.000 tahun SM di Afrika, manusia purba merupakan predator yang sangat berbahaya di muka bumi. Mereka dapat membuat senjata dan peralatan untuk berburu, secara otomatis makanan mereka adalah daging hasil buruan. Semakin bertambahnya populasi persaingan mereka dalam hal mencari makan untuk bertahan hidup semakin ketat, membuat mereka sering berkelahi dan membunuh. Hal ini yang mendasari mengapa orang dengan golongan darah O adalah pemakan daging dan mempunyai sifat yang keras dan sebagai pemimpin.

Ketika kemudian mereka mengembara menuju Eropa dan Asia mencari lahan baru untuk berburu, di daerah yang baru mereka menemukan lahan yang subur dan iklim yang lebih sejuk. Perpindahan ini menimbulkan perubahan bukan hanya dalam hal sumber makanan tetapi juga struktur anatomi mereka yang tadinya mempunyai struktur tulang yang sangat kuat dan rambut yang keriting menjadi tulang yang lebih halus dan rambut lebih lurus, sekaligus pola makan yang tadinya carnivora (pemakan daging hasil berburu menjadi pemakan tumbuh-tumbuhan karena lingkungan yang lebih subur).

Secara otomatis gen-gen tersebut mengalami mutasi maka lahirlah golongan darah A (Agrarian) sekitar tahun 25000 – 15000 SM di daerah Asia dan Timur-Tengah. Pada jaman ini manusia tidak lagi berkompetisi untuk mendapat makanan, tetapi mulai bercocok tanam dan beternak. Mereka mulai hidup bergotong-royong.

Lahirnya golongan darah B sekitar 15.000 – 10.000 SM di daerah pegunungan Himalaya (sekarang daerah antara India dan Pakistan). Perubahan iklim menyebabkan mereka berpikir untuk menciptakan sistem irigasi pertanian dan teknik bercocok tanam yang lebih canggih. Penggabungan kreativitas, kecerdasan dan sistem tekhnik membuat golongan darah B dapat bertahan hidup. Ditambah lagi mereka juga memiliki peternakan yang menghasilkan produk olahan susu (dairy products).

Penggabungan antara golongan darah A dan B menghasilkan lahirnya golongan darah baru yaitu AB (modern). Ditemukan kurang dari 5% dari populasi dunia.

Teori Lectin
Lectin adalah zat yang ada di dalam makanan, memiliki kemampuan untuk menggumpalkan darah kita pada waktu kita makan bahan makanan yang tidak sesuai dengan golongan darah kita. Adanya penggumpalan darah dalam tubuh kita menyebabkan gangguan kesehatan. Diet menurut golongan darah bukan sekedar menghindari lectin tetapi juga menuju kesehatan optimum.

TIPE O
Protein hewani merupakan diet yang tepat untuk golongan O, dikarenakan mereka mempunyai asam lambung yang tinggi serta olahraga yang berintensitas tinggi seperti aerobic, lari, adalah aktifitas yang baik sebagai respon terhadap stress. Memiliki jiwa kepemimpinan, ekstrovert (terbuka), penuh energi, dan fokus. Karena memiliki asam lambung yang tinggi menyebabkan tipe O rentan terkena radang lambung, sakit maaf, dan radang usus 12 jari. Secara umum tipe O memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.

TIPE A
Jika anda mengenal orang yang takut mengambil resiko, teliti, taat pada peraturan, detil, teratur dan rapih hampir bisa dipastikan anda berhadapan dengan orang golongan darah A. Memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan asam lambung yang rendah membuat tipe A cocok dengan diet ala vegetarian. Olahraga yang berintensitas tinggi tidak cocok dengan tipe A karena dapat membuat tipe A kehabisan energi. Yoga, Tai-Chi, meditasi merupakan aktifitas yang sangat tepat untuk tipe A.

TIPE B
Satu-satunya golongan darah yang dapat menikmati produk-produk olahan. Biasanya tipe B mempunyai kemampuan untuk terhindar dari penyakit-penyakit bahaya yang mengancam jiwa, seperti penyakit jantung dan kanker. Diet untuk golongan darah B sangat bervariasi dari produk hewani dan nabati yang beraneka ragam, hanya saja tipe B tidak cocok untuk mengkonsumsi daging ayam.

TIPE AB
Merupakan penggabungan antara golongan darah A dan B. Salah satu sisi tipe AB mengikuti tipe A dengan memiliki asam yang lambung yang rendah sehingga pola makan vegetarian cukup sesuai tetapi tipe AB juga membutuhkan protein hewani. Kepribadian tipe AB adalah sensitive dan seimbang yang merupakan penggabungan tipe A dan B. Banyak orang tipe AB yang terjun dalam dunia spiritual.
Hal penting yang harus diingat dalam menjalankan diet sesuai golongan darah adalah bukan hanya jenis makanan yang kita perhatikan tetapi juga kualitas dari makanan kita.

Konsumsi Makanan Diet Sehat Ala Golongan Darah
Berikut adalah saran menu yang dapat di konsumsi berdasarkan golongan darah :

Diet untuk golongan darah O adalah makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat.
  • Makanan yang sangat bermanfaat: brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak cina, blueberry, cerry, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, daging sapi.
  • Makanan yang netral: ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam&bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terong, tomat, labu, daging ayam, daging bebek.
  • Makanan yang dihindari: daging babi, cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur angsa, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt, minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras.
  • Olahraga yang cocok dilakukan: aerobic.
Diet untuk golongan darah A yang dianjurkan adalah makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.
  • Makanan yang sangat bermanfaat: bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, blueberry, minyak zaitun, ikan sardine.
  • Makanan yang netral: ikan tuna, telur ayam&bebek, telur puyuh, minyak wijen, biji bunga matahari, kacang ercis/kapri, jagung, tapioca, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur, melon, blewah, pir, delima, kurma, stroberi, kesemek, jambu biji, daging ayam.
  • Makanan yang dihindari: daging (sapi, bebek, kelinci, ayam hutan, lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi), mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, acar, terong, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/santan, melon, madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.
  • Olahraga yang cocok dilakukan: yoga, tai chi, meditasi.
Diet untuk golongan darah B yang dianjurkan adalah susu dan produk susu.
  • Makanan yang sangat bermanfaat: ikan laut, susu sapi, keju, bubur, gandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong, teh hijau.
  • Makanan yang netral: cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, daging sapi.
  • Makanan yang dihindari: daging (ayam, babi, bebek, keong, kepiting, siput, belut, kodok, gurita, lobster), es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah, roti gandum, tomat, jagung, alpokat, pare, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.
  • Olahraga yang cocok dilakukan: renang, tenis, jalan kaki, dan meditasi.
Diet untuk golongan darah AB adalah sesuai dengan kecocokan masing-masing indivdu terhadap jenis makanan tertentu.
  • Makanan yang sangat bermanfaat: ikan sardine, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), teh hijau, anggur merah.
  • Makanan yang netral: cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, brokoli, bayam, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.
  • Makanan yang dihindari: daging (sapi, ayam, bebek, babi, angsa, lobster, kepiting, kodok), mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.
  • Olahraga yang dicocok dilakukan: olahraga di pagi hari.
Tapi perlu diingat yang utama adalah jaga pola makan, pola hidup, dan pola iman yang sehat.

1 komentar:

  1. PROMO TERBARU DARI AFRIANI SHOP CELLULER UNTUK THN 2015 BERBAGAI TIPE HANDPHONE SEPERTI BlackBerry>Samsung>Smartfren.
    Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>DLL Bila berminat silahkan
    Hotline : HP: 082311467788 ( BB 295a367f ) ATAU KLIK WEBSITE www.afrianishop.com

    Ready stock barangx

    Samsung Galaxy E7
    Baru : Rp. 2.200.000

    Samsung Galaxy J5
    Baru : Rp. 1.300.000

    Samsung Galaxy S6
    Baru : Rp. 5.700.000

    Samsung Galaxy
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung Galaxy A3
    Baru : Rp.2.800.000

    Samsung Galaxy Core Prime
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung Galaxy Core
    Baru : Rp. 2.800.000

    Samsung Galaxy S5 Plus
    Baru : Rp. 5.800.000

    Samsung Galaxy A5Max
    Baru : Rp. 1.700.000

    Samsung Galaxy S5 Active
    Baru : Rp. 4.890.000

    Samsung Galaxy Tab Active LTE
    Baru : Rp. 3.750.000

    Samsung Galaxy Avant
    Baru : Rp. 1.250.000

    Samsung Galaxy Ace 4
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung I8200 Galaxy S III Mini VE
    Baru : Rp. 1.399.000

    Ssmsung Z
    Baru : Rp. 1.899.000

    Samsung Galaxy S3 Neo
    Baru : Rp. 1.699.000

    Samsung Galaxy ATIVE SE
    Baru : Rp. 3.850.000

    Samsung Galaxy Note 3 Neo Lite
    Baru : Rp. 3.799.000

    Samsung Galaxy S5
    Baru : Rp. 5.499.000

    Samsung Galaxy J
    Baru : Rp. 3.455.000

    Samsung Galaxy E7
    Baru : Rp. 2.200.000

    Samsung Galaxy J5
    Baru : Rp. 1.300.000

    Samsung Galaxy S6
    Baru : Rp. 5.700.000

    Samsung Galaxy
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung Galaxy A3
    Baru : Rp.2.800.000

    Samsung Galaxy Core Prime
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung Galaxy Core
    Baru : Rp. 2.800.000

    Samsung Galaxy S5 Plus
    Baru : Rp. 5.800.000

    Samsung Galaxy A5Max
    Baru : Rp. 1.000.000

    Samsung Galaxy S5 Active
    Baru : Rp. 4.890.000

    Samsung Galaxy Tab Active LTE
    Baru : Rp. 3.750.000

    Samsung Galaxy Avant
    Baru : Rp. 1.250.000

    Samsung Galaxy Ace 4
    Baru : Rp. 1.100.000

    Samsung I8200 Galaxy S III Mini VE
    Baru : Rp. 1.399.000

    Ssmsung Z
    Baru : Rp. 1.899.000

    Samsung Galaxy S3 Neo
    Baru : Rp. 1.699.000

    Samsung Galaxy ATIVE SE
    Baru : Rp. 3.850.000

    Samsung Galaxy Note 3 Neo Lite
    Baru : Rp. 3.799.000

    Samsung Galaxy S5
    Baru : Rp. 5.499.000

    Samsung Galaxy J
    Baru : Rp. 3.455.000

    BalasHapus