Rabu, 23 Januari 2013

Manajemen Waktu



Manajemen Waktu - Kelebihan yang dimiliki kita orang muda yang tidak dimiliki oleh orang tua  adalah WAKTU. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita lalai memanfaatkannya. Ini bukan isapan jempol belaka, bahkan Rasulullah Saw. sendiri bersabda:

“Ada dua kenikmatan, banyak manusia menjadi merugi gara-gara dua kenikmatan ini, yaitu; nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang.” (H.R. Bukhari)

Nah, bagaimana cara memastikan kita memanfaatkan WAKTU sebaik mungkin sehingga kita tidak termasuk menjadi manusia yang merugi? Berikut beberapa tips manajemen waktu

1. Manajemen Waktu – Miliki IMPIAN

IMPIAN itu seperti peta perjalanan kita, ia menunjukkan TUJUAN-TUJUAN yang ingin kita datangi. Bukan sekedar itu, ia juga berisi hal-hal yang amat berarti di hati kita dan berarti juga bagi orang-orang yang dekat di hati kita. IMPIAN berbeda dengan angan-angan, IMPIAN itu tertulis jelas di buku impian (Dream Book) kita, bukan hanya kita bayangkan. Di dunia ini, kurang dari 10% orang menuliskan impiannya dengan jelas, dan orang-orang inilah yang benar-benar mencapainya!

Pertanyaannya, kita mau masuk ke 10% yang mencapai IMPIANNYA atau menjadi sisanya yang luntang-lantung di dunia yang biasa-biasa aja? ^_^

2. Manajemen Waktu – Miliki KEYAKINAN

Setiap kita memiliki kondisi yang berbeda-beda, tantangan hidup yang berbeda-beda, latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Tapi kita semua punya kesamaan, apa itu? Kesamaannya adalah: setiap kita yang memiliki KEYAKINAN akan berakhir menjadi PEMENANG. Melangkah dengan keraguan ibarat membangun rumah tanpa fondasi yang kokoh. Tak akan terbangun apapun di atasnya. Oleh karena itu Ippho Santosa berkata:

“Belum MAMPU ngga papa.. YAKIN aja dulu, nanti DIMAMPUKAN oleh-NYA..”
 ^_^

3. Manajemen Waktu – #EKSYEN Bertubi-tubi!

Punya IMPIAN itu OK. Punya KEYAKINAN itu OK BANGET. Tapi tanpa #EKSYEN, semua cuma akan jadi mimpi di siang bolong. Pastikan setiap saat kita melangkah menuju IMPIAN kita, dengan KEYAKINAN tentunya. Pastikan setiap detik kita investasikan di aktifitas yang mendekatkan kita kepada IMPIAN kita, bukan malah menjauhkannya.

4. Manajemen Waktu – #TEKUKUR

Yaaa.. kembali lagi jurus #TEKUKUR keluar nih ^_^ Maksudnya adalah: TES dan UKUR. Lihat aktifitas mana yang berhasil dan mana yang belum berhasil. Mana yang baik, mana yang kurang baik. Mana yang efektif, mana yang kurang efektif.

Yang baik dipertahankan, ditingkatkan. Yang kurang baik ditinggalkan, diganti dengan yang lebih baik. Pastikan setiap hari kita selalu meningkatkan kualitas diri dan kualitas aktifitas kita. Kembali lagi ini akan memastikan kita jauuuh dari golongan orang-orang yang merugi.

Selamat mempraktekkan manajemen waktu yang lebih efektif ^_^

motivatweet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar